Ngomongin Buku || XOXO by Axie Oh



Judul: XOXO
Pengarang: Axie Oh
Penerbit: Harper Collins  
Jumlah Halaman: 352 hlm
Tahun Terbit: 2021

"You can't be there for other people if you're not first there for yourself."

About This Book

Jenny Go adalah seorang cellist muda yang berbakat. Dia menguasai teknik permainan cello dengan amat baik, sayangnya ada satu hal yang tidak bisa Jenny lakukan: menghayati musik yang dibawakannya. Oleh karena itu, Jenny mencoba untuk tidak terlalu terpaku pada kelas-kelas musik semata dan hidup lebih santai supaya bisa bermain dengan lebih penuh penghayatan.

Perubahan dalam hidupnya bermula dari seorang pemuda asing yang berkunjung ke tempat karaoke milik Paman Jay, sahabat dari mendiang ayah Jenny. Pertemuan kedua anak muda itu berujung pada malam yang menyenangkan dan penuh petualangan, walau pada akhirnya mereka berdua harus berpisah. 

Betapa terkejutnya Jenny ketika mendapati bahwa pemuda tampan yang ditemuinya itu merupakan anggota boyband K-Pop yang sedang naik daun, yakni Bae Jaewoo dari grup XOXO. Perjalanan Jenny ke Korea dalam rangka mengunjungi neneknya sekaligus melanjutkan pendidikan selama satu semester di sana memberinya kesempatan untuk terjun dalam lebih banyak hal yang belum pernah dialami sebelumnya, menemukan teman-teman baru, serta melewati berbagai tantangan untuk bersatu dengan cowok yang disukainya itu. 

Bagaimana kisah Jenny dan Jaewoo? Berhasilkah mereka menemukan cara untuk bersatu? Seperti apa rasanya mengencani idol K-pop?

Let's Talk About What I Like

XOXO adalah buku yang cocok buat kamu yang sudah lelah sama kisah-kisah cinta yang terlalu berat dan muluk-muluk. Konfliknya ringan dan dijamin tidak bikin hati tercabik-cabik. Lebih banyak adegan yang heartwarming dan fluff, yang pastinya bikin senyum-senyum sendiri. Aku gak tau banyak hal tentang buku ini sebelum membaca, dan aku senang karena sepanjang cerita, kita engga hanya disodori perjalanan romansa Jenny dan Jaewoo, tapi juga diajak melihat bagaimana tokoh utama mencari jati dirinya, menemukan teman-teman baru, serta usahanya beradaptasi dengan sekolah baru di negara baru. Tapi semua itu bener-bener bukan konflik yang berat atau serius karena dibawakan dengan cara yang santai.

Aku suka sama karakter utamanya yang engga menye-menye, tapi masih menunjukkan sikap khas remaja. Jenny mungkin terlihat seperti karakter dengan nasib yang too goo to be true (alias bisa ketemu dan pacaran sama idol Kpop), tapi Axie Oh juga ngasih dia kualitas lain, misalnya kebaikannya, sikap setia kawan, dan kegigihannya. Bisa dibilang Jenny itu Girl's Girl, walau di sisi lain dia bagaikan magnet yang selalu menarik perhatian cowo-cowo tampan (tipikal karakter utama yang biasanya ga mau aku baca, wkwkwkwkw) Minimal dengan kualitas baik yang dimiliki, kita engga dibikin memutar bola mata terus selama membaca. 

Menurutku, kalian yang suka adegan romantis sweet pasti akan terbawa suasana dengan cara Axie Oh menuliskan interaksi Jenny dan Jaewoo. Bener-bener bikin gigit jari dan ngakak-ngikik sendiri saking gemesnya. Buku ini bakal bikin kalian merana dan bertanya-tanya, "Kapan oppa Korea ganteng bakal menemukan aku juga?😔". 

What I Dislike

Kalian yang anti dengan insta romance pasti akan membanting buku ini jauh-jauh (ya ga segitu juga sih, hiperbola-ku agak lebay). Sebenarnya aku ga suka insta romance, tapi karena lagi mood baca yang gemes-gemes, akhirnya hal tersebut tidak menjadi masalah lagi. Walau demikian, biasanya hal tersebut jadi red flag terbesar aku dalam sebuah buku. 

Membahas soal chemistry, sebenarnya ada aja sih, cuma engga terlalu terasa gitu loh. Lagi-lagi, di masa seperti ini aku engga terlalu peduli karena yang penting gemesnya aja. Tapi di masa normalku, hal ini bakal jadi sesuatu yang kupermasalahkan karena adegan-adegan sweet aja ga cukup menunjukkan bahwa these two characters meant for each other

Untuk ukuran kencan dengan idol Kpop, menurutku konfliknya juga terlalu receh. Kalau kita mau mengabaikan hal tersebut, tentu ga masalah. Memang sebaiknya jangan dilihat sisi realistisnya. 


Buku ini cocok buat kalian yang mau berdelulu bersama idol favorit kalian. Sepertinya ga akan susah untuk self-insert dalam karakter di XOXO. Selain itu untuk kalian yang butuh bacaan super ringan sebagai penawar stres, dijamin bakal haha-hihi gemes selama baca buku ini. 

Komentar

Postingan Populer